Kegiatan Komunitas Baca Rumpi Cerdik, Berbagai Rasa dengan keberagaman dalam Peningkatan Kualitas Diri melalui Pendidikan

Indonesia merupakan Negara yang luas dan kental dengan Keanekaragam budayanya. Terbentang luas dari Sabang sampai Meraoke terbagi menjadi 34 Propinsi, tentu saja disetiap daerah memiliki makanan yang khas.

Promosi tentang Indonesia di Taiwan terus di gelar melalui berbagai cara, salah satunya adalah promosi sajian masakan khas Indonesia atau lebih di kenal dengan Kuliner.

Marry Ardita, siswa CLC BJI didampingi Tary , keduanya siswa kelas XI saat sedang mempresentasikan hasil Masakan Khas Indonesia yang mereka olah dan di sajikan ke WN Taiwan. Salah satu kegiatan Positif siswa dalam mengisi liburan yang sangat terbatas

 

Merupakan sebuah kehormatan bagi saya pribadi dan teman-teman perwakilan dari ClC
Bhakti Jaya Indonesia yaitu Tary Chen dan Anto Azzalah, Lina Octaviani dan beberapa siswa lain yang tidak bisa disebutkan satu per satu ada juga  teman-teman 1095 FC yaitu Heru Widodo dan Andre (Ignas Purwanto), kami semua dalam kegiatan tersebut membentuk Team sukses dalam agar Event Kuliner Nusantara tersebut dapat berjalan dengan lancar.
Salah satu upaya yang kami lakukan dalam promosi sajian kali ini adalah memahami ragam hidangan khas Nusantara yang kiranya dapat di nikmati oleh para pengunjung khususnya penduduk berwarganegara Taiwan yang antusias untuk mencicipi hidangan khas Nusantara yang kami sajikan. Pada Event Kuliner kali ini, saya beserta Team menyuguhkan sejumlah Hidangan khas Nusantara yang mewakili beberapa daerah di Indonesia antara lain:
LONTONG KARI Menu utama yang begitu istimewa, irisan lontong yang kenyal dipadukan dengan Kari Ayam spesial dengan bumbu rempah-rempah Nusantara dari berbagai daerah di Indonesia yang diracik sedemikian rupa sehingga menghasilkan rasa dan Aroma yang sangat lezat, melambangkan keanekaragaman suku dan budaya tetapi tetap satu INDONESIA, kegiatan ini dilaksanakan di Taichung tepatnya di Perpustakaan 1095 tanggal 16 July 2017 mulai pukul 11 sampai sore hari , adapun sajian masakan dan minuman tersebut antara lain
NASI PECEL NUSANTARA
Berangkat dari kesederhanaan membawa citra rasa tersendiri sebagai kebanggaan. Dalam sepiring Nasi Pecel kita menemukan kesederhanaan, keragaman, akan makna jatidiri sebagai bagian dari Bangsa Indonesia.
KANGKUNG CAH SAPI
Hidangan sederhana yang menggugah selera. Kangkung melambangkan sifat ulet,teguh,dan pantang menyerah mengingat sayur ini dapat tumbuh di darat maupun di air.
ES TELER NUSANTARA
Minuman segar khas Nusantara yang terdiri dari Alpukat, Kelapa Muda,Nangka, Cingcau,Agar -Agar, serta buah segar lainnya disajikan dengan sirup marjan dan susu kental manis serta serutan es yang ketika meminum es ini kesegaranya bikin teler.
ANEKA PUDING NUSANTARA
Sebagai makanan penutup kami nenghidangkan Puding Nusantara yang berbedadengan Pudding , Pudding pada umumnya Puding tiga lapis Nusantara kali ini melambangkan kepribadian, kekompakan, serta kelembutan.
Lapisan coklat yang bercitra rasa pekat dan sedikit pahit adalah lambang pribadi yang cocok dengan kehidupan sosial. Selanjutnya lapisan rasa jeruk asam manis melambangkan sikap suka atau saling tolong menolong dan di akhiri rasa manila kuning telur yang melambangkan kenikmatan dan rasa syukur.
Dalam Event Cooking Nusantara kali ini kami mendapat sambutan Apresiasi dari Para penggunjung yang sebagian besar Penduduk asli Taiwan yang datang saat itu. Dalam Event tersebut juga di Liput salah satu Stasiun TV DAAI dan wartawan-wartawan lokal lainnya.
Kami semua sepakat Menjadi TKI yang Berdaya, Berwibawa memiliki Integritas, Pendidikan telah merubah kami ke arah yang lebih baik, lebih maju dan berpikiran Positif, Indonesia menanti kita semua untuk berkiprah dan mengabdi. Ini adalah salah satu cara kami mengembangkan arti pendidikan dengan mencintai budaya dan ragam kulikuner khas Indonesia
Salam terus lebih baik lagi bersama CLC Bhakti Jaya Indonesia
Kegiatan ini juga diliput oleh beberapa Media di Taiwan, menyatukan 2 budaya yang berbeda di satukan dalam 1 rasa dan 1 Tujuan Kerukunan dalam keberagaman
Belajar Menata makanan guna bersiap sekaligus menata diri untuk lebih baik, Indonesia menanti kiprah kita semua

 

di Posting 22 Juli 2017
mewakili Tema Kuliner Nusantara CLC BJI
Marry Ardita.

One thought on “Kegiatan Komunitas Baca Rumpi Cerdik, Berbagai Rasa dengan keberagaman dalam Peningkatan Kualitas Diri melalui Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *